Kamis, 05 Januari 2012

mengapa Imam Al Ghazzali mendapat gelar hujjatul islam ?

Imam Ghazzali dalam kebanyakan literatur tentang "Hujjatul Islam" terbesar ini ia namanya yang benar sebetulnya adalah al-Ghazzali (dengan z ganda) namun dalam kebanyakan teks di Indonesia nama beliau lazim dikenal dengan al-Ghazli (dengan satu z).

Imam Ghazzali adalah salah seorang pemikir terbesar dunia Islam, bukti islam (hujjatul islam), sufi saleh yang tersohor. Kitab Ihya 'Ulumuddin Adalah samudera ilmu yang sarat dengan dasar penalaran dan argumen, penuh dengan ayat Al-Quran, hadist nabi terpuji serta sabda para sahabat dan ucapan para wali terkenal pada masa abad-abad awal islam. Setiap pokok bahasan ditunjang oleh ayat-ayat al-Quran, hadist, dan ucapan para ahli hikmah dan orang bijak serta ditopang oleh dasar pemikiran dan argumen.

Mengapa Imam Ghazzali diberi gelar "Hujjatul Islam" ? Imam Ghazzali berasal dari mazhab Sunni Syafi'i, maka sebagian doktrin keagamaannya yang dijumpai dalam kitab Ihya 'Ulumuddin segaris dan sejalan dengan mazhab tersebut. Meskipun demikian, nilai dari doktrin-doktrin itu sangat besar. Dalam zaman beliau yang sudah semakin berkembang. Imam Ghazzali bukan pengikut buta mazhab itu, namun justru zaman yang mengikuti pemikiran bebasnya sehingga secara tak langsung beliau beliau menciptakan mazhab sendiri. 



Ketika dunia terus berkembang dengan gagasan baru dan temuan ilmiah, Ihya 'Ulumuddin juga kaya dengan kesegaran dan gagasan besar dan temuan ilmiah. Dengan demikian, Imam Ghazzali betul-betul telah menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama dan memberikan daya dorong dan momentum yang belum pernah diberikan oleh ulama dan pemikir pendahulunya.

Beliau menyelamatkan islam dari arus dan arus-balik pemikiran sataniah dan gagasan syirik yang diam-diam menyelinap ke dalam ajaran islam dan secara jernih meluruskan kekeliruan dan kesalahan konsepsi. Pemikirannya mewarnai dan masih berpengaruh pada para pemikir dan filosof yang datang setelahnya. Seandainya Allah Yang Maha Pengasih tidak mengaruniai beliau mutiara cemerlang akal dan hati, kepercayaan islam yang sejati tentu akan larut dan lenyap terseret oleh derasnya arus pemikiran sesat dan syirik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar